Edi Setiawan – Ahli Komunikasi Universal (A.K.U)  UnICoM

Membaca ekspresi wajah sebenarnya mudah, tetapi menjadi tidak mudah jika ekspresi seseorang tidak jelas, atau sengaja di kaburkan atau bahkan sengaja di manipulasi.

Ada 6 ekspresi wajah dasar dari manusia :

1. Ekspresi Wajah Sedih

Apabila mata cenderung berpandangan kosong melamun, tidak berbinar atau tidak tampak cerah, tidak terlalu fokus saat memandang ditambah dengan bibir yang cenderung ujungnya turun.

2. Ekspresi Wajah Gembira

Ekspresi wajah yang terlihat kulit di seputar mata tertarik ke atas, cenderung mata berbinar hidup ditambah dengan wajah tertarik ke atas termasuk ujung bibir naik ke atas.

3. Ekspresi Wajah Takut

Ekspresi wajah takut biasanya ketika mata agak membelalak atau kadang juga menutup, wajah keseluruhan seolah mengecil, alis tertarik ke atas, ditambah bahasa tubuh yang menjauh ke belakang

4. Ekspresi Wajah Jijik

Mata yang cenderung mengernyit menghindar, bibir yang juga mengernyit mengecil dengan bahasa tubuh yang agak menjauh/menutup.

5. Ekspresi Wajah Terkejut

Mata yang cenderung membelalak, alis terangkat, kadang juga mulut terbuka dengan bahasa tubuh yang juga menutup.

6. Ekpresi Wajah Heran

Mata yang cenderung terbuka, mulut kadang terbuka, tetapi bahasa tubuh cenderung terbuka

Enam ekspresi wajah dasar itulah yang biasanya ada di manusia dan ada baiknya mulailah untuk mengamati karena biasanya ekspresi di setiap orang bisa berbeda-beda tergantung dari kebiasaan atau perilaku orang tersebut.

Orang-orang yang tidak ekspresif akan cenderung mengeluarkan tanda-tanda ekspresi wajah yang minim yang kadang bisa juga tidak terbaca, sementara orang-orang yang ekspresif akan menampakkan ekspresi yang cenderungnya jelas.

Pada Training Membaca Ekspresi Wajah yang ada di UnICoM anda akan belajar membaca ekspresi wajah seseorang baik orang itu ekspresif maupun tidak dan bahkan meskipun orang itu memanipulasi ekspresi, tetap akan terbaca apabila kita mengikuti Training UnICoM tentang Membaca Ekspresi Wajah.