Edi Setiawan (Founder UnICoM)

Edi Setiawan (Founder UnICoM)

SEJARAH UnICoM

Sekitar tahun 1980-an, UnICoMology (imu-ilmu UnICoM) mulai di pelajari dan digali dari pengalaman nyata serta dari referensi-referensi yang ada. Maka mulailah ditemukan tentang ilmu membaca simbol lisan dan tulisan secara kualitatif, ilmu membaca karakter lewat nama, lewat wajah dan berkembang terus di dalam imu pengetahuan tentang membaca karakter ini yang menjadikannya sebagai sebuah seni di dalam membaca karakter seseorang melalui berbagai tanda-tanda yang ada di diri manusia. Kemudian berkembang ke ilmu pengetahuan tentang communication skills, Public Speaking, ilmu Debat, Diskusi dan Dialog, dan berbagai macam ilmuPsikologi Komunikasi yang langsung bisa dipraktekkan sebagai solusi dalam menghadapi permasalah hidup sehari-hari baik personal maupun pekerjaan.

Sejak tahun itu, keilmuan UnICoM sudah mulai dibagikan ke kerabat dan teman dekat, sampai di tahun 1992, UnICoMology mulai di tulis. Tetapi baru dapat beberapa puluh halaman, ada ketakutan tersendiri ketika mengetahui bahaya dari ilmuan komunikasi yang ditemukan UnICoM ini. Bagaimana tidak, rahasia-rahasia mempengaruhi orang ditemukan, jangankan harta, nyawapun akan diberikan bagi orang-orang yang ada di dalam pengaruhnya. Mempertimbangkan hal itu akhirnya tulisan tentang keilmuan UnICoM pada waktu itu dihapus.

Tahun 1998, ilmu UnICoM mulai dikenalkan di internet, dimailing list-mailing list, dan mendapat sambutan yang sangat luarbiasa. 30 orang middle up manager di Jakarta menghendaki diadakan pelatihan ilmu UnICoM ini, maka mulailah di tahun 2001, di adakan pelatihan rutin tiap bulan selama satu tahun, bertempat di PT. Rekayasa Industri Jakarta dan ditahun yang sama juga diadakan di PT. Tycoo Electronik Batam dan juga di kota Bandung serta di Sidoarjo.

Sekitar tahun 2002, ilmu UnICoM ini dipresentasikan di kalangan psikolog-psikolog di lingkungan akademik dan kemudian gerak dan langkah UnICoM mendapat dukungan penuh dari jurusan Psikologi Universitas 17 Agustus (UNTAG).

Launching UnICoM pertama kali dilakukan di Hotel Majapahit Surabaya Jatim pada tanggal 10 Mei 2003, dan inilah yang menjadi hari Ulang Tahun UnICoM-Universal Communication.

Tahun 2003, PT. Telkomsel Grapari Gresik mulai menggunakan jasa pelatihan Outbound dari UnICoM dan setelah itu, keilmuan UnICoM kembali dipresentasikan di kalangan ahli-ahli komunikasi dilingkup akademik di Universitas Merdeka Malang dan mendapat sambutan yang luar biasa sehingga UnICoM diminta untuk mengajarkan materinya di jurusan komunikasi Unmer Malang.

Tahun 2005, mulailah UnICoM menempatkan dirinya sebagai perusahaan profesional yang bergerak di  Training Program  sampai sekarang ini.

Dalam perkembangannya karena tuntutan pekerjaan dan demi keperluan perusahaan klien, maka UnICoM menjalankan fungsi jasa konsultan dibidang Managemen, Sumber Daya Manusia dan Komunikasi dan juga menjalankan fungsi Event Organizer bagi perusahaan klien.

Sampai sekarang, sudah lebih dari 270 perusahaan besar yg menggunakan jasa UnICoM baik untuk Konsultan maupun Pelatihan, serta EO di seluruh Indonesia.

Sepuluh tahun sejak dimulainya pelatihan UnICoM di Jakarta di tahun 2001, yaitu ditahun 2011, UnICoM memunculkan spesialisasinya sehingga muncullah UnICoM – Character Development Management ; Membaca, Membangun dan Menyempurnakan Karakter.

UnICoM berpusat di Surabaya dengan Cabang di Jakarta(2009), dan perwakilan di beberapa kota di Indonesia; Samarinda (2009), Bali (2009), Balik Papan (2009), Bogor (2009), Malang (2009), Blitar (2009), Kediri (2010), Semarang (2010), Ternate (2010) dan Batam (2001), termasuk di Malaysia (2005) dan Singapura(2005)